Featured Post

Identifikasi Formula Dengan Conditional Formating

Bagaimanakah cara mengenali dan membedakan jenis konten sel, apakah berupa nilai statis atau sebuah formula? Cara pertama yang umumnya dig...

Friday, January 31, 2020

Menemukan Data Duplikat Dengan Conditional Formating

Conditional formating di excel biasanya digunakan untuk mengidentifikasi value dalam range tertentu. Namun kita juga bisa menggunakan conditional formating untuk mengidentifikasi data duplikat dalam list atau tabel. Jika anda termasuk golongan muda yang sudah menggunakan versi excel terbaru, mencari data duplikat sangat mudah karena fitur conditional formating pada versi excel terbaru sudah mengalami improvement yang sangat significant. Tetapi jika ada termasuk golongan tua yang tidak mau move on dari excel versi jadul, santai aja, anda masih bisa menemukan data duplikat dengan melakukan sedikit modifikasi pada rumus conditional formating.

Pengguna excel seringkali harus mengidentifikasi data duplikat dalam list atau tabel secara manual. Cara ini tentu saja sangat menguras waktu dan riskan human error. Untuk menjadikan pekerjaan ini lebih mudah, maka kita bisa memanfaatkan salah satu fitur excel standar, yaitu Conditional Formating.

Mencari data duplikat data menggunakan excel versi jadul


Yang dimaksud excel versi jadul di sini adalah versi 1997 s/d 2003 atau. Wow… cukup tua ya, lebih dari 17 tahun yang lalu. Bisa dibayangkan berapa usia user yang masih suka menggunakan versi excel versi jadul ini…

Tapi apa mungkin ya di Zaman sekarang masih ada yang menggunakan excel versi jadul. Tapi tak apalah. Meski tehnik ini hanya cocok digunakan pada excel versi jadul. Anggaplah ini sebagai tambahan pengetahuan.

Sebagai contoh, bagaimana mencari duplikat data pada sebuah tabel data dalam range $A$1:$J$20 :


  • Seleksi range tersebut mulai dari sel A1 s.d sel J20. Sangat penting diperhatikan disini bahwa A1 harus sebagai aktive cell.
  • Selanjutnya dari menu Format ➜ Conditional Formating… ➜ Muncul kotak dialog Conditional Formating.
  • Pilih Formula Is  pada bagian atas kiri menu pop-up. Dalam field sebelah kanannya masukan rumus berikut:    =COUNTIF($A$1:$J$20,A1)>1
  • Masih dalam kotak dialog Conditional Formating, masuk ke tab Format, masuk ke tab Pattern dan pilih warna yang anda inginkan untuk memvisualisasikan data duplikat. Klik Ok untuk kembali ke kotak dialog Conditional Formating. Selanjutnya klik Ok untuk menerapkan conditional formating pada range terseleksi.


Setelah proses di atas, maka semua sel yang mengandung data duplikat akan berwarna sesuai warna yang anda pilih dalam langkah sebelumnya. Dengan demikian mata anda akan lebih mudah menemukan semua data duplikat.


Sekali lagi, penting diperhatikan bahwa sel paling kiri atas harus sebagai sel aktif. Artinya harus sebagai sel yang pertama pada saat anda menggerakan mouse untuk menyeleksi range.

Contoh: 

  • Range A1:A10, maka sel aktif harus A1
  • Range B3:J50, maka sel aktif harus B3
  • Range D2:H50, maka sel aktif harus D2

Dengan kata lain, ketika anda menyeleksi range menggunakan kursor mouse, maka anda harus memulainya dari sel paling kiri atas kemudian bergerak ke bagian paling kanan bawah.

Jika anda tidak memperhatikan ketentuan ini maka rumus conditional formating yang anda buat tidak  akan menghasilkan apa yang diharapkan.

Selain itu,  penting juga untuk memperhatikan tanda dolar dalam penulisan rumus.
Range harus ada tanda dolar tetapi individu cel tidak boleh pake tanda dolar.

Perhatikan contoh rumus di atas:  =COUNTIF($A$1:$J$20,A1)>1
Range $A$1:$J$20 (dengan tanda dolar) merupakan lokasi tabel atau list yang akan dicari nilai duplikat nya. Sedangkan sel A1 merupakan individual cell tidak boleh menggunakan tanda dolar.

Sel A1 (tanpa tanda dolar) merupakan sel dalam tabel atau list yang akan dicek kontentnya apakah memiliki nilai duplikat di sel lainnya atau tidak dalam tabel/list.


Mencari data duplikat data menggunakan conditional formating pada excel versi baru.

Yang dimaksud excel versi baru di sini adalah versi 2007 atau yang lebih baru. Mencari dan mewarnai data duplikat pada excel versi baru lebih simple dari versi sebelumnya. Hal ini karena adanya improvement yang sangat signifikant pada fitur conditional formating.

Caranya:

  • Seleksi range sel berisi data yang akan di cek apakah ada data duplikat di dalamnya, misalnya range A1:J20
  • Lalu dari tab Home, klik Conditional Formating ➜ Higlight Cells Rules ➜ Duplicate Values… ➜ Ok

Sebagai rangkuman atas apa yang sudah dibahas diatas, berikut video langkah-langkah mencari data duplikat menggunakan conditional formating, baik pada excel versi lama maupun versi baru: 



Demikian tips singkat bagaimana mencari dan mewarnai data duplikat dalam excel. Semoga bermanfaat.

Tips excel lainnya:




1 comment:

  1. Tips mudah tetapi kadang suka lupa, hehe, makasih ya info"nya sangat bermanfaat, Penyedia Jasa Toko Online Murah di Indonesia : Jasa Pembuatan Toko Online - Jilbab Terbaru
    Jasa Web Murah :
    Jasa Pembuatan Web Murah
    serta Tokopedia

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca blog ini. Silahkan berkomentar.