Featured Post

Identifikasi Formula Dengan Conditional Formating

Bagaimanakah cara mengenali dan membedakan jenis konten sel, apakah berupa nilai statis atau sebuah formula? Cara pertama yang umumnya dig...

Monday, August 17, 2015

Cara Cepat Membuat Hyperlink Dalam Ms Excel

Cara yang umum dilakukan pengguna excel untuk membuat hyperlink adalah dengan klik kanan pada sel yang akan dibuat hyperlink dan dilanjutkan klik Hyperlink. Cara lainnya adalah melalui menu atau tab Insert dan pilih hyperlink.  Sayangnya, cara tersebut hanya dapat membuat satu hyperlink saja per sekali proses. Bagaimana jika kita bekerja dengan ratusan sampai ribuan data dimana setiap data harus di hyperlink dengan data lainnya? Membuat hyperlink satu persatu, meskipun sangat mudah, tentunya bukan pilihan yang tepat kecuali Pak Bos mau membayar uang lembur  lebih untuk cara kerja yang sebenarnya tidak efisien.

Misalnya kita memiliki serangkaian data 1 s.d 100.   Untuk memudahkan review, data dirangkum dalam sebuah sheet, sebut saja sheet “Review”.  Setiap data harus dibuat hyperlink ke rincian detail pada sheet lainnya, anggaplah nama sheetnya “Rincian”. Lalu bagaimana cara membuat hyperlinknya dengan cepat?

Dalam hal ini saya akan sharing sebuah alat sederhana yang sudah saya buat. Sebut saja namanya “LinKer”.   Code VBA-nya sengaja tidak diproteksi,  jadi teman bebas untuk mengubek-ubek dan mengembangkannya.

Silahkan didownload di sini : LinKer.zip

Cara Cepat Membuat Hyperlink
LinKer
Cara kerja alat ini sederhana saja, yaitu dengan cara mencari text yang sama antara sumber dengan target hyperlink pada kolom dan baris yang sudah ditentukan. Alat LinKer ini hanya menggunakan range excel untuk menyimpan parameter-parameter yang diperlukan untuk membuat hyperlink. 

Parameter yang diperlukan mencakup data sumber hyperlink dan target hyperlink yaitu berupa nama file, nama sheet, kolom, dan baris. Tanda digunakan untuk menandai baris tertentu apakah harus di buat hyperlink atau tidak.Kolom cek (paling kiri) digunakan untuk menentukan apakah baris parameter akan dieksekusi atau tidak.

Untuk lebih mudah memahaminya dapat dicoba dengan mengetes file contoh yang disertakan dalam link download diatas. Cukup merubah data parameter-parameter pada alat LinKer dan kemudian tekan tombol Set Hyperlink dan perhatikan hasilnya pada file yang dieksekusi. Jangan lupa untuk hapus hyperlink terlebih dahulu pada file contoh.

Demikian semoga dapat bermanfaat...:)


4 comments:

  1. Tks atas info dan tips nya, kebetulan lagi membutuhkan tools semacam ini. Mau saya coba dulu ya ....tks banyak, nice info

    ReplyDelete
  2. Terima kasih gan, semoga tambah berkah. Aamiin

    ReplyDelete
  3. tolong kasih tutorial videonya dong gan, saya bingung cara penggunannya hyperlink nya. terima kasih

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca blog ini. Silahkan berkomentar.