Featured Post

Lookup Gambar Dengan INDEX MATCH

Apakah Pencarian Gambar bisa dilakukan di excel? Pertanyaan ini sangat menarik sekali untuk dibahas. Jika pembaca mengikuti blog ini, pada ...

Sunday, October 21, 2018

Konversi Angka Berformat Text Menjadi Angka Nyata

Ketika bekerja dengan data di excel, kita mungkin pernah menemukan jenis data yang seolah-olah berupa angka, namun excel memperlakukannya tidak sebagai data numerik, melainkan sebagai text. Data jenis ini, karena sifatnya sebagai text, bila dikalkulasi menggunakan beberapa fungsi seperti fungsi SUM, maka nilainya akan dianggap sebagai Nol. Untuk menjadikan data tersebut dapat diolah dalam fungsi pengolah bilangan, maka angka berformat text terlebih dahulu harus dikonversi menjadi bilangan yang benar-benar bilangan. Catatan singkat ini akan menjelaskan bagaimana mengkonversi angka berformat text menjadi angka real.

Video tutorial konversi angka berformat text menjadi angka nyata:





Mengenali Angka berformat text


Bilangan berformat text sering kita jumpai pada data hasil import dari aplikasi lain. Data ini juga bisa diperoleh dari hasil rumus pengolah text (misal fungsi RIGHT, LEFT dan MID) yang mengambil porsi angka dari text tertentu.

Screenhoot dibawah ini bisa membantu kita mengenali bilangan berformat text dengan lebih jelas.

Cara membedakan angka dengan text


Dapat kita lihat pada gambar di atas. Apabila format alignment dibiarkan sesuai default, maka semua data berjenis text akan rata kiri, sedangkan data berjenis angka atau numerik akan rata kanan.

Selain itu, text bilangan yang diketik dengan menambahkan tanda petik satu di depannya, juga dapat dikenali dengan adanya tanda segitiga kecil berwarna hijau di pojok kiri atas sel berisi data tersebut.
Perhatikan bilangan 1000 pada baris ke-2 dan ke-3. Data tersebut merupakan bilangan berformat text dan dapat dikenali dengan alignment rata kiri, serta adanya tanda segitiga kecil pada pojok kiri atas sel.

Efeknya lebih lanjut: pada saat kita mencoba membuat rumus SUM menggunakan referensi range berisi campuran data jenis text dan bilangan (contoh : range A2:A5) maka data text akan dikesampingkan, sehingga rumus =SUM(A2:A5) akan menghasilkan nilai 2000, bukan 4000. Hasil rumus ini mungkin bukan yang kita harapkan sehingga perlu dicari solusinya.

Cara Konversi Angka Berformat Text Menjadi Angka Nyata


Supaya angka berformat text bisa diolah lebih lanjut dalam formula pengolah data numerik, maka terlebih dahulu kita harus mengkonversi angka berformat text tersebut menjadi angka nyata.

Berikut akan kita ulas beberapa tehnik atau cara konversi angka berformat text menjadi angka nyata.

Cara 1: Menggunakan Alat Pemeriksa Kesalahan


Pada setiap sel yang berisi angka berformat text, khususnya yang diketik didahului tanda petik satu, kalau kita klik biasanya akan muncul pemeriksa kesalahan dengan logo tanda seru berlatar segi empat ketupat berwarna kuning. Jika tanda tersebut kita klik maka akan muncul beberapa menu terkait error pada sel tersebut. Kita bisa meng-klik Convert to Number untuk mengkonversi angka atau bilangan berformat text menjadi angka real.

Cara menggunakan alat pemeriksa kesalahan excel


Langkah-Langkah nya cukup sederhana yaitu sebagai berikut:

Seleksi range yang yang akan dikonversi. Penting: sel pertama, yaitu baris dan kolom pertama range yang diseleksi, harus mengandung angka berformat text yang akan dikonversi. Sedangkan baris / kolom selanjutnya bebas.

Pada saat seleksi range, tanda pemeriksa kesalahan akan muncul disamping sel pertama. Klik tanda tersebut sehingga muncul pilihan menu, kemudian klik Convert To Number.

Cara pertama ini cukup efektif dapat merubah semua angka berformat text menjadi angka real  pada range yang diseleksi.  Namun ada sedikit kelemahannya yaitu ketika baris data yang akan dikonversi cukup banyak dan posisi sel pertama range yang diseleksi berada belum diketahui lokasinya. Hal ini biasanya agak menyulitkan untuk mencari sel pertama-nya.

Cara 2: Menggunakan Copy Paste Special


Fitur Copy Paste Special juga ternyata dapat digunakan untuk mengkonversi angka berformat text menjadi angka real. Hal inilah yang mungkin sedikit kurang disadari oleh kebanyakan pengguna excel.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih sebuah sel kosong (blank) kemudian klik kanan → Copy.
  • Seleksi range yang akan dikovert yaitu range yang mengandung sel berisi data angka berformat text.
  • Kemudian klik kanan → paste special
  • Pada jendela paste special, tik opsi Values, kemudian tik opsi Add
  • Terakhir : klik OK


Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah dalam gambar Gif berikut:

konversi text menjadi angka dengan copy paste special


Cara ke-3 : Menggunakan Fungsi VALUE dan Rumus





Cara ke-3 ini efektif digunakan untuk mengkonversi text angka menjadi angka real dalam sebuah formula jika text angka yang dikonversi merupakan hasil dari sebuah formula pengolah text, misalnya fungsi MID, LEFT, dan RIGHT.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:

Hasil Formula RIGHT Text


Sesuai screenshot di atas, kolom A berisi Kode, dan kolom B berisi 2 digit angka yang merupakan output dari sebuah fungsi RIGHT yang mengambil 2 karakter terakhir dari kode di kolom A.

Secara visual, data di kolom B nampak sebagai bilangan atau angka, namun sebenarnya data tersebut merupakan text. Kita dapat mengenalinya dengan alignment default rata kiri. Selain itu kita juga dapat mengetesnya dengan membuat rumus SUM menggunakan referensi range B2:B5. Rumus SUM memberikan output 0 karena memang tidak ada angka nyata dalam referensi B2:B5.

Supaya kolom B bisa berisi angka real yang dapat dikalkulasi lebih lanjut, maka kita bisa mengkonversinya menggunakan fungsi VALUE.

Dalam hal ini, rumus  =RIGHT(A2,2) dapat dilengkapi dengan fungsi VALUE, sehinggar rumus menjadi =VALUE(RIGHT(A2,2))

Silahkan perhatikan gambar berikut untuk lebih jelasnya:

Fungsi VALUE konversi text menjadi angka


Setelah dilewatkan pada fungsi VALUE, kita bisa lihat text angka di kolom B sudah dikonversi menjadi anaka real. Angka real dapat dikenali dengan alignment dafault rata kanan, serta fungsi SUM menghasilkan bilangan hasil penjumlahan sesuai harapan.

Alternative Rumus:


Selain menggunakan fungsi VALUE, kita juga bisa mengkonversi text angka dengan menggunakan rumus perkalian, penjumlahan, dan pengurangan. Lebih tepatnya, saya sebut Rumus Kali Satu, Rumus Tambah Nol dan Rumus Kurang Nol:

Dengan melengkapi contoh rumus =RIGHT(A2,2) sesuai pembahasan di atas, maka kita bisa memodifikasinya untuk mendapatkan output angka real sebagai berikut:


  • Rumus Kali Satu: =RIGHT(A2,2)*1
  • Rumus Tambah Nol:   =RIGHT(A2,2)+0
  • Rumus Kurang Nol:   =RIGHT(A2,2)-0


Eh, ternyata masih ada satu lagi rumus yang patut dicoba, yaitu menggunakan minus ganda atau double unary. Cukup menambahkan 2 tanda minus sebelum formula yang menghasilkan text angka.


  • Rumus Minus Ganda:  =--RIGHT(A2,2)


Demikian pembahasan singkat mengenai bagaimana cara mengkonversi  bilangan atau angka berformat text menjadi angka nyata. Ada beberapa alternative yang sudah saya jelaskan di atas. Dalam prakteknya mungkin masih ada tehnik lain yang bisa dicoba. Apabila pembaca ada punya cara lainnya, saya sangat senang sekali apabila pembaca bisa berbagi dengan melengkapinya di kolom komentar.

Salam.


Jika ada masalah terkait permasalahan excel kamu. Janngan sungkan untuk mengirimkan contoh filenya ke Admin je.jenal@gmail.com. Kalau ada waktu, Insya Allah akan admin bantu. Tapi dibantu dengan video tutorial saja ya. Supaya sama-sama belajar.

Seperti contoh dibawah ini adalah video tutorial atas pertanyaan satu orang pembaca blog ini yang telah mengirimkan sampel filenya kepada admin.

Permasalahan: Text angka tidak bisa diubah menjadi angka nyata meskipun sudah mengikuti tutorial yang disampaikan di atas.

Penyebabnya setelah dianalisa ternyata ada karakter tidak terlihat di belakang text angka. Lengkapnya silahkan di cek video nya ya...


6 comments:

  1. Tks atas pencerahannya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terima kasih
    Alkhamdulillah dapat pengetahuan dari laman ini. Semoga Allah memberi rizqi melimpah.Aamiin

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak ya Mas, ilmunya....

    ReplyDelete
  4. Terima kasih penjelasannya, sy sudah coba di file excel sy tp belum bisa (pivot table di kolom sum total pembayaran masih 0 semua). Bisa bantu ? Mungkin boleh minta kontaknya langsung ? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kasusnya seperti saya juga masih tidak bisa untuk plot grafik

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca blog ini. Silahkan berkomentar.